Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Dia Oleh-Oleh khas dari Pacitan, Tahu Tuna DEWA RUCI

Pacitan, selain dari keindahan alam dan wisata pantainya, kabupaten diujung propinsi Jawa Timur ini sejak dari dahulu sudah terkenal akan kuliner dan oleh olehnya. Kita sebut saja makanan khas Pacitan yang fenomenal antara lain; kolong klethik, gethuk lindri, bucon, jenang pitheng, tiwul, kalak an dan sale pisang.
Tetapi sejak tahun 2010an keatas produk – produk olahan tuna mulai bermunculan dan mendapat sambutan yang antusias baik bagi warga Pacitan sendiri maupun diluar Pacitan. Salah satu oleh – oleh olahan tuna khas Pacitan yang paling populer adalah tahu tuna Dewa Ruci karena terkenal dengan rasa enak dan harga murah.

Tahu tuna Dewa Ruci diproduksi oleh kelompok pengolah dan pemasar ( Poklahsar ) Peni yang beralamatkan di desa Ngadirojo, Kecamatan Ngadirojo, Pacitan yang memperkerjakan karyawan disekitar lokasi pabrik sebagai wujud pemberdayaan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga.
Poklahsar Peni berkomitmen membuat produk yang sehat dan bergizi dengan jaminan bebas pengawet, pewarna maupun pengenyal, selain itu juga mendapat pembinaan langsung dari Dinas Perikanan Kabupaten Pacitan untuk menjamin mutu, keamanan dan kualitas produk.

Selain tahu tuna, Poklahsar Peni juga memproduksi dan menjual aneka olahan produk berbahan dasar ikan tuna antara lain;
1. Bakso tuna
2. Nugget tuna
3. Tempura Tuna
4. Kaki Naga Tuna
5. Lumpia Tuna
6. Risoles Tuna
7. otak – otak tuna
8. Kerupuk tuna
9. Keripik Tuna
Harga per bungkusnya pun cukup murah yaitu Rp. 7000 dengan isi 10 tahu dengan ketahanan 3 ( tiga ) bulan bila disimpan dalam freezer dengan suhu minus (-) 18 derajat celcius dan sekitar 24 jam bila produk diluar freezer.

Cara penyajian produk Dewa Ruci pun cukup mudah, yaitu;
1. Keluarkan produk dari freezer
2. Diamkan dalam suhu ruangan agar bunga es dalam produk mencair
3. Setelah produk tidak membeku, siap digoreng. ( tanpa atau bisa menambahkan bumbu sesuai selera )
4. Goreng dengan minyak panas
5. Setelah warna berubah kekuningan, siap diangkat.
6. Hidangkan dalam kondisi hangat dan tambahkan saus / sambal sesuai selera.

Tahu tuna Dewa Ruci selain menjual melalui gerai di Jalan Pacitan – Trenggalek desa Hadiluwih Kecamatan Ngadirojo kabupaten Pacitan juga melayani penjualan melalui online yang dapat diakses di www.tahutunapacitan.com atau langsung menghubungi via WA / Telp / SMS ke nomor HP : 0817-46-77-45
Pengiriman bisa melalui travel, bus antar kota ataupun AKAP.

Post a Comment for "Ini Dia Oleh-Oleh khas dari Pacitan, Tahu Tuna DEWA RUCI"