Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menikmati Pesona Alam Pantai Klayar

Kota Pacitan salah satu kota yang ada di ujung barat daya provinsi Jawa Timur ini memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa, kota kecil dengan 12 Kecamatan ini memiliki tempat-tempat wisata yang sangat mempesona diantaranya yaitu Pantai Klayar, Pantai Klayar adalah salah satu wisata pantai yang ada di Pacitan yang menyimpan sejumlah keindahan alam yang mengagumkan. Pantai Klayar mempunyai pesona dan keunikanya pada hamparan pasir putih yang membentang sepanjang bibir pantai serta adanya batu karang laksana sphink yang menjadi salah satu icon Pantai ini.

pantai-klayar-pacitan-jawa-timur-indonesia

Tidak sampai disitu saja Pesona yang ada di Pantai Klayar ini yaitu adanya Seruling Samudra, Seruling Samudra adalah fenomena alam berupa air mancur yang bisa menyembur hingga setinggi 10 meter terjadi ketika ada ombak yang cukup besar datang menerjang batu karang yang sebagian airnya akan masuk ke celah-celah yang ada dibawahnya lalu dengan tekanan ombak tadi maka air tersebut akan menyebur keatas melewati salah satu lubang yang ada di batu karang tersebut yang terkadang semburan air tersebut di sertai bunyi seperti siulan seruling. Itulah kenapa di sebut dengan Seruling samudra yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pengunjung pantai klayar ini. Pantai Klayar memiliki air laut yang biru dan ombak yang sangat besar, sehingga pengunjung dilarang Berenang, tidak sedikit pengunjung yang menjadi korban di pantai ini karena menghiraukan rambu-rambu yang ada.

pantai-klayar-pacitan-jawa-timur-indonesia

Hal yang harus anda perhatikan ketika berada di Pantai Klayar ini anatar lain:

  • Dilarang memasuki area berbahaya yang telah di pasangi tanda bahaya berupa bendera merah.
  • Dilarang membuang sampah sembarangan.
  • Dilarang memasuki kawawsan seruling Samudra tanpa dikawal oleh petugas pantai.
  • Dilarang merusak exosistem laut.

Pantai Klayar ini terletak di Dusun Kendal, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo. Untuk menuju ke Pantai Klayar anda akan melalui jalan berliku-liku, naik turun yang dihiasi dengan deretan bukit-bukit serta goa-goa kecil yang terlihat stalaktit dan stalakmitnya dari pinggir jalan. Untuk rute ke Pantai Klayar ini jika anda dari pusat kota Pacitan bisa di tempuh dengan menggunakan sepeda motor atau mobil selama kurang lebih 3 jam dengan melalui jalur bus Pacitan-Solo atau anda bisa menggunkan jalur alternatif melalui jalur Sedeng, jalur ini bus maupun truk besar tidak boleh lewat karena jalannya menanjak curam dan banyak tikungan tajam. Lewat jalan pintas ini bisa menghemat jarak sekitar 12 Km. Setelah sampai di pasar Punung silahkan jalan terus sampai menemukan pertigaan sesudah masjid Punung belok kiri dan silahkan ikuti rambu-rambu selanjutnya.

peta-ke-pantai-klayar-pacitan-jawa-timur
Lihat Versi Full Google Maps

Rute ke Pantai Klayar jika dari Arah Yogyakarta Ada beberapa rute yang bisa ditempuh, rute yang paling cepat dan direkomendasikan yaitu dengan mengikuti rute dari daerah Gunung Kidul Yogyakarta. Melalui kabupaten Wonosari ke Pantai Klayar di Pacitan hanya membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam saja dan Untuk mempermudah perjalanan, maka paling cepat menggunakan motor sebagai alat transportasinya, karena jalan yang akan dilalui cukup berliku-liku dan sempit, sehingga jika menggunakan mobil akan memperlambat perjalanan Anda. Rute menuju Pacitan dari Gunung Kidul Wonosari seperti berikut Wonosari – Pathuk – Kota Wonosari – Pracimantoro – Giribelah – Perbatasan Jateng Jatim – Pertigaan Punung sebelum POM Bensin silahkan ambil jalur ke kanan dan ikuti rambu rambu selanjutnya karena di sepanjang jalan  ke pantai klayar ini sudah ada petunjuknya.

Rute ke Pantai Klayar dari arah Solo silahkan Anda ambil jalur ke arah Kecamatan Pracimantoro, lanjutkan perjalanan hingga pertigaan Giribelah, kemudian belok ke kanan yang langsung ada tanjakan panjang. Silahkan lanjutkan perjalanan hingga perempatan Kalak dan ikuti  rambu rambu menuju ke Pantai Klayar, dari Desa Kalak hanya dibutuhkan waktu kurang lebih satu jam untuk tiba di Pantai Klayar.

Untuk dapat masuk ke wisata Pantai klayar anda di wajibkan membayar tiket masuk seperti berikut ini :

LOKASI WISATAHARI BIASAHARI SABTU MINGGU DAN HARI LIBUR NASIONAL
ANAK-ANAKDEWASAANAK-ANAKDEWASA
PANTAI KLAYARRp. 5.000Rp.   7.000Rp. 5.000Rp. 10.000

Tiket masuk hanya berlaku untuk satu kali masuk selain itu tiket sudah termasuk asuransi dari Jasa Raharja. Selamat datang di Pacitan selamat beriwsata.

Post a Comment for "Menikmati Pesona Alam Pantai Klayar"