Pantai Pancer Door

Pantai Pancer atau juga di kenal dengan nama Pancer Door adalah salah satu bagian pantai dari teluk Pacitan yang berada di sisi paling timur Pantai  Teleng Ria yang berhadapan langsung dengan samudra hindia.  Pantai disi timur Teleng Ria ini memiliki panorama yang mempesona dengan deburan ombak khas laut selatan. Pantai Pancer Door merupakan salah satu pantai di Pacitan yang relatif dekat dengan pusat kota . Pantai ini masih satu garis dengan Pantai Teleng Ria, Yang membedakan pantai Pancer Door dengan pantai Teleng Ria yaitu Ombak laut di Pantai Pancer lebih besar. Ombak besar inilah sering di manfaatkan oleh para peselancar untuk menunjukan kebolehanya melawan arus ombak yang tinggi.  sehingga tak heran di Pantai Pancer Door ini sering di gunakan untuk bermain surfing oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Secara administratif Pantai Pancer Door terletak di Desa Sidoarjo, Kecamatan Pacitan. Di sebalah timur Pantai Pancer Door terdapat muara Sungai terpanjang di Pacitan yaitu Sungai Grindulu. Muara Sungai grindulu ini  yang sering di jadikan untuk memancing serta berlabuhnya kapal-kapal kecil oleh para nelayan. Selain itu yang tidak kalah menariknya lagi yaitu muara Sungai Grindulu  ini setiap tahunnya di adakan Lomba nDayung Perahu Mancung.  Lomba nDayung ini diikuti oleh puluhan peserta dari seluruh masyarakat Kabupaten Pacitan. Selain sebagai upaya meningkatkan olahraga nDayung di pacitan, kegiatan ini ditujukan untuk mempromosikan kepariwisataan Pacitan khususnya Pantai Pancer Dorr. Di sebelah timur muara sungai ini terdapat tebing yang menjadi tembok teluk Teluk Pacitan.Tebing ini  di tumbuhi dengan pepohonan yang hijau nan rindang yang akan menambah panorama alam yang mempesona.

Seiring dengan berjalanya waktu kini Pantai pancer Door sudah mulai berbenah. Pemerintah daerah Pacitan mulai memperhatikan potensi wisata yang ada di kawasan Pancer Door ini seperti halnya pembangunan taman, panggung event, bumi perkemahan dan Etalase Geopark Gunung sewu. Selain itu di kawasan Pantai Pancer Door ini sangat cocok di gunakan sebagai tempat aktifitas  berolahraga seperti bersepeda dan lari-lari, sehingga tak heran jika setiap pagi dan sore tempat ini ramai di kunjungi warga.

Rute ke Pantai Pancer Door tidaklah sulit Anda bisa memlalui jalur masuk Ke Pantai Teleng Ria sebelum loket masuk silahkan Anda ambil jalur kiri dan ikuti jalan lurus sampai Anda menemukan tikungan yang ada loket pintu masuk ke Pantai Pancer Door.  Kemudian jika Anda dari arah Kota Pacitan Anda bisa melewati jalur menuju ke Perumnas Barehan silahkan ikuti jalur utama menunju ke Arah pantai maka Anda akan menemukan Pintu masuk ke kawasasan Pantai pancer Door.

Tiket Masuk ke Pantai Pancer Door relatif murah yaitu untuk hari-hari biasa sebesar Rp 2.500 untuk anak-anak dan Dewasa Rp.3.500, sedangkan untuk hari-hari sabtu, minggu dan hari libur nasional maka tiket masuk akan naik menjadi Rp 4.000 untuk anak-anak dan Rp 5.000 untuk dewasa. Tiket hanya berlaku untuk satu kali masuk serta Asuransi dari Jasa Raharja.

Untuk menjaga kebersihan alam di kawasan ini  sebaiknya Anda yang berkunjung ke Pantai Pancer Door tidak membuang sampah sembarangan.

Related Posts

About The Author

Add Comment

WhatsApp chat Hubungi Kami