Pantai Taman Pacitan

Asyiknya Berlibur di Pantai Taman Pacitan

Pacitan, mendengar nama kota Pacitan mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Pacitan merupakan Kota kelahiran presiden ke enam Republik indonesia Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Kota di barat daya Provinsi Jawa Timur ini menyimpan sejuta keindahan alam yang sangat mempesona. Pantai dan Goa menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan asing maupun domestik. Pacitan memiliki tempat-tempat wisata yang sangat menarik  sayang jika anda lewatkan, salah satunya yaitu Pantai Taman.

Pantai Taman merupakan salah satu pantai yang ada di Kota Pacitan yang memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Di Pantai Taman memiliki beberapa wahana yang bisa anda coba antara lain, wahana olahraga flying fox, kolam renang dan konservasi penyu. Berikut ulasan tentang 3 wahana tersebut.

Kolam Renang

Bermain air memang sangatlah menyenangkan apalagi jika bermain air di pantai. Pantai di Pacitan memiliki ombak yang lumayan besar sehingga di himbau untuk semua pengunjung pantai  selalu waspada akan gelombang air yang datang secara tiba-tiba. Tak sedikit orang tenggelam akibat keganasan ombak laut selatan ini. Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka di buatlah sebuah kolam renang anti tenggelam di tepi Pantai Taman ini untuk menyiasati keinginan mereka berenang di pantai, tetapi minim dari segi resiko, sekaligus menjamin kenyamanan saat berenang di pantai .

kolam-renang-pantai-taman-pacitanKolam renang ini memiliki 2 kategori yaitu untuk anak-anak dan orang dewasa yang di batasi dengan sebuah tanda. Untuk kolam renang dewasa memiliki  kedalaman air 150 cm, sedangkan untuk kolam renang anak-anak  kedalaman 70 cm. Kolam renang ini berada di barat pintu masuk Pantai Taman, untuk menuju kesini silahkan ikuti jalan ke arah barat kurang lebih 300 m maka Anda akan menemukan sebuah kolam renang dengan pemandangan ke laut luas serta deburan ombak khas laut selatan.

Untuk bermain di kolam renang ini Anda harus membayar tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah untuk sekali masuk. Fasilitas yang di berikan sudah cukup memadai yaitu tersedianya kamar ganti atau kamar mandi umum, serta tempat tunggu yang representatif. Pada hari libur tiba, kolam renang ini ramai di kunjungi oleh anak-anak yang sedang belajar berenang atau hanya sekedar bermain saja.

Konservasi Penyu

konservasi-penyu-pantai-tamanSaat anda mengunjungi Pantai Taman jangan lupa untuk melihat wahana yang satu ini yaitu tempat penangkaran penyu. Di sini pengunjung bisa melihat penyu lebih dekat dan belajar bagaimana menghargai alam. Selain itu pengunjung juga dapat melihat proses perkembangan hingga perawatan penyu serta bisa melepasnya ke laut. Penangkaran penyu ini di kelola oleh warga setempat yang tergabung dalam kelompok konservasi penyu. Pelepasan penyu ke laut ini bisa di rasakan oleh warga pengelola konservasi penyu. Selama kurang lebih setahun terahkir usaha tersebut mencapai sekitar kurang lebih Rp 14 juta, dan setiap ekor penyu yang di lepas ke laut di hargai Rp 20 ribu rupiah. Sampai saat ini jumlah penyu yang di lepas ke laut sudah mencapai -+ 800 ekor, ratusan ekor penyu tersebut merupakan hasil penangkaran sejak bulan Desembar 2012 silam hingga sekarang. Beberapa waktu sebelum adanya program konservasi penyu ini, warga setempat memotong dan mengkonsumsi daging dan telur penyu. Setelah adanya Program tersebut, kebiasaan memotong dan mengkonsumsi daging maupun telur penyu semakin berkurang. Warga mulai sadar penyu merupakan hewan yang dilindungi sebagaimana peraturan daerah Pacitan Nomor 15 Tahun 2011 tentang pengelolaan sumber daya kelautan. Penyu-penyu tersebut di dapatkan dari laut saat penyu- penyu sedang keluar dari pantai untuk bertelur di malam hari, biasanya pada bulan bulan tertentu yaitu bulan April sampai bulan Agustus. Pada saat itulah kelompok konservasi penyu ini mengambil telur dan meletakan di lokasi penangkaran. Kurang lebih 50 hari, telur-telur tersebut mulai menetas dan siap di masukan di kolam yang berisi air laut.

flying-fox-pantai-taman-pacitanFlying Fox

Flying Fox  ini merupakan wahana olahraga paling extreme yang ada di Pantai Taman. Jika Anda adalah orang yang bernyali tinggi  wahana ini cocok untuk di coba. Flying Fox ini memiliki panjang 450 M dengan kapasitas muatan 95 Kg dengan 4 pemandu yaitu, satu orang yang berada di atas tebing, 2 orang beada di tempat finish dan 1 orang berada di dekat kolam renang untuk bagian tarik seling. Menurut mas Noy salah satu tim pengelola wahana exstrem ini, Flying Fox di Pantai Taman ini merupakan Flying Fox terpanjang Se-Indonesia. Tak sedikit wisatawan datang hanya untuk bermain olahraga extreme ini, mereka berasal dari berbagai kota di indonesia bahkan mancanegara seperti Korea dan Malaysia. Untuk dapat menikmati olahraga  extreme ini kamu harus  jalan menyusuri tebing yang sudah di buatkan khusus untuk menuju ke Start Flying Fox ini, selain itu kamu juga harus untuk membayar tiket sebesar 30 Ribu Rupiah sekali meluncur. Olahraga Flying Fox ini buka setiap hari Sabtu-Minggu (hari Libur) selian hari-hari tersebut anda harus Booking terlebih dahulu ke pemandu atau pengelola Flying Fox ini. Anda dapat memesan melalui no salah satu pemandu yaitu mas Triono yang sekaligus menjadi penanggung jawab wahana ini, di no 085233974700. Nikmati meluncur dari atas tebing dengan suasana pantai yang indah, selian itu kamu  juga dapat melihat tempat konservasi penyu dan kolam renang dari udara.

Tonton Video Pantai Taman dan keasyikan meluncur dari udara disini

Secara administratif Pantai Taman ini terletak di Timur Kota Pacitan, tepatnya di Dsn. Taman, Desa.Hadiwarno, Kec. Ngadirojo. Rute ke pantai Taman ini sangatlah mudah, apabila Anda dari arah kota Pacitan silahkan melewati Jalan Lintas Selatan (JLS). Dalam perjalanan, anda juga akan melewati sebuah Pantai yang berada persis di pinggir jalan yakni Pantai Soge. Sesampainya di Desa Hadiwarno silahkan lihat papan penunjuk ke Pantai Taman.

Related Posts

About The Author

Add Comment

WhatsApp chat Hubungi Kami