Sekilas Profil Kab. Pacitan

Kabupaten Pacitan memiliki beragam potensi yang mampu menunjang pengembangan dan pembangunan daerah. Diantaranya adalah potensi dalam bidang ekonomi, perdagangan, industri, pariwisata, pendidikan dan jasa. Dengan modal kultur dan potensi yang dimiliki Pacitan telah menjadi sebuah daerah yang dinamis dan terus berkembang.

Kabupaten Pacitan merupakan salah satu Kabupaten dari 38 Kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Lokasi Kabupaten Pacitan sangat jauh dari ibu Kota Provinsi. Pacitan memiliki luas wilayah kurang lebih 1300 kilo meter persegi dimana daratanya hanya 15 persen dengan jumlah penduduk kurang lebih 540 ribu jiwa.

Kabupaten Pacitan terbagi menjadi 12 kecamatan, 166 desa dan 5 kelurahan. Berikut 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Pacitan

  • Kecamatan Arjosari
  • Kecamatan Bandar
  • Kecamatan Donorojo
  • Kecamatan Kebonagung
  • Kecamatan Nawangan
  • Kecamatan Ngadirojo
  • Kecamatan Pacitan
  • Kecamatan Pringkuku
  • Kecamatan Punung
  • Kecamatan Sudimoro
  • Kecamatan Tegalombo
  • Kecamatan Tulakan

Terletak di ujung barat daya Provinsi Jawa Tmur, Pacitan merupakan pintu gerbang bagian barat dari Jawa Timur yang berbatasan dengan kabupaten Ponorogo, Trenggalek serta wonogiri. Dengan jumlah penduduk usia produktif Kabupaten Pacitan yang mencapai 357.510 ribu jiwa menunjukan bahwa Kabupaten Pacitan cukup memiliki SDM potensial untuk menggerakan berbagai sektor ekonomi. Sektor lapangan usaha utama di Kabupaten Pacitan meliputi pertanian khususnya padi, singkong, cengkeh dan kelapa serta pertambangan dan industri batu mulia.

Kabupaten Pacitan memiliki banyak jenis produk unggulan yang berfungsi sebagai penggerak perekonomian daerah. Beberapa produk unggulan Kabupaten Pacitan antara lain:

Batu Mulia
Industri kerajinan batu mulia sangat lekat dengan icon kabupaten pacitan. Alam telah memberikan yang terbaik bagi bumi Pacitan, berlimpahnya peggunungan batu yang mengandung bahan batu batu mulia memberikan sumber kehidupan bagi sebagian warga pacitan. Produk-produk batu mulia Pacitan telah mampu menembus pasar internasioanl. selain itu batu akik pacitan juga tetap menjadi pilihan utama bagi para pecinta batu. Selain berlimpahnya jenis batu yang terdapat di kiabupaten pacitan proses pengolahan yang semakin maju juga mampu menghasilkan produk-produk yang sangat baik.

Batik tulis Pacitan
Batik tulis merupakan produk unggulan yang dimiliki Kabupaten Pacitan. Sejarah batik dengan motif buah pace, motif parang dan sido luhur sidomulyo merupakan ciri khas batik tulis asal Pacitan. Sejarah telah mencatat bahwa batik tulis di Pacitan telah di kembangkan sejak seabad yang lalu di lorok (Ngadirojo) dan Pacitan.

Kayu Olahan
Bumi Pacitan memang telah di anugrahi alam yang sempurna. Kayu yang di dominasi kayu jati, sengon laut, akasia, mahoni, pinus dan sono telah mendukung terciptanya industri olahan kayu di Kabupaten Pacitan. Industri mebel merupakan salah satu contoh output sumber daya alam yang dimiliki. Industri pengolahan kayu akan terus di dorong untuk menjadi kekuatan produk unggulan Kabupaten Pacitan .

Ikan Olahan
Samudra hindia yang membentang di selatan Kabupaten Pacitan juga memberikan hasil laut berupa ikan tuna yang berlimpah. Dengan di dukung suplay dari para nelayan kini pengolahan ikan tuna di Pacitan pun berkembang. Selain menjadi oleh oleh khas Pacitan, olahan ikan tuna juga mampu mendorong kegiatan ekonomi masyarakat Pacitan.

Gula Kelapa
Berlimpahnya perkebunan kelapa sejak ratusan tahun yang lalu menghasilkan produk unggulan lainnya yaitu gula kelapa.

Selain hasil Bumi yang melimpah Kabupaten Pacitan juga memberikan keindahan alam yang tak ternilai untuk mendukung sektor pariwisata. Berada di selatan Pulau Jawa dengan karateristiknya yang khas pesisir selatan Jawa, Pacitan telah di kenal akan keindahan Pantai dan Goanya. Pacitan memiliki potensi yang sangat besar untuk pengembangan pariwisata baik lokal maupun internasional. Sektor pariwisata di Pacitan menyumbang porsi pendapatan daerah yang cukup besar.

Wisata Pantai merupakan salah satu kekuatan sektor pariwisata Kabupaten Pacitan yang akan terus di kembangkan. Tepat di teluk Pacitan terdapat Pantai Teleng Ria dengan garis pantai yang membentang dan ombaknya yang tidak terlalu besar, menjadikan Pantai Teleng Ria kekuatan utama sektor pariwisata di Kabupaten Pacitan.

Selain Pantai Teleng Ria terdapat pula Pantai Srau. Pantai srau berjarak kurang lebih 25 KM ke arah barat kota Pacitan. Pantai  ini sangat di kenal sebagai lokasi yang sangat cocok untuk arena pancing samudra. Kolaborasi antara pantai berpasir putih dan tebing-tebing yang curam mampu memanjakan setiap wisatawan yang datang ke Pantai ini. Alam yang masih perawan di pantai ini menjadi keunggulan Pantai Srau, sehingga  Pantai ini bisa menjadi pilihan wisatawan yang mengidamkan wisata pantai yang alami.

Berada di pesisir selatan pulau jawa, Kabupaten Pacitan memang menyediakan wisata pantai yang sangat indah. Berjarak kurang lebih 35 KM ke arah barat kota Pacitan terdapat Pantai Klayar. Pemandangan pasir pantai dan batu karangnya menjadi salah satu pilihan wisatawan lokal dan mancanegara untuk menikmati karya yang maha kuasa. Pantai ini juga di kenal akan seruling samudranya yang sesekali akan bersiul diantara celah celah batu karang dan semburan ombak.

Tonton Juga Video Clip Lagu Seruling Samudra 

Selain pantainya Pacitan juga di kenal sebagai kota seribu satu Goa. Diantara Goa yang telah di jadikan tempat wisata adalah Goa Gong. Goa Gong memiliki keindahan alam yang menakjubkan dengan stalagtit dan stalagmitnya yang konon terindah se-Asia Tenggara. Goa Gong memiliki kedalaman mencapai 256 M, keindahan Goa ini telah menarik minat kunjungan wisatawan dari berbagai daerah bahkan wisatawan Mancanegara.

Selain Goa Gong terdapat pula Goa Tabuhan. Sesuai dengan namanya Goa ini memiliki stalagtit dan stalagmit yang bisa di tabuh. Selain keindahanya penelitian pun telah menemukan bahwa Goa ini telah di huni sejak 50 ribu tahun yang lalu oleh manusia Purba. Di mulut Goa Tabuhan ini telah di temukan jejak dari bengkel alat batu yang di perkirakan berusia 10 ribu tahun. Sebuah sejarah yang membuktikan bahwa Kabupaten Pacitan memiliki perjalanan sejarah yang sangat tua.

Selain pantai dan goa Kabupaten Pacitan juga memiliki sumber air panas. Sumber inipun di manfaatkan menjadi sebuah pemandian air panas. Di kenal dengan nama Pemandian Banyu Anget Tirto Husodo, air panasnya di yakini memiliki khasiat bagi penyembuhan berbagai macam penyakit.

Sejarah Republik inipun tak lepas dari peranan Kabupaten Pacitan. Kabupaten Pacitan merupakan salah satu jalur gerilya Panglima besar Jendral Sudirman. Di wilayah peggunungan inilah Jendral Sudirman memimpin gerilya mempertahankan Republik, sebelum akhirnya kembali ke Yogyakarta. Sebagai lokasi petilasan rute gerilya Panglima Besar Jendral Sudirman di bangunlah monumen Jendral Sudirman sebagai simbol perwujutan cinta tanah air para putra Bangsa bagi ibu pertiwi.

Sosial Budaya
Berdasarkan tingkat pendidikan, Kabupaten Pacitan semakin berkembang menuju kategori masyarakat terdidik. Di buktikan dengan semakin meningkatnya lulusan SMA sederajat menempuh pendidikan lanjut dan mulainya di bangun lembaga pendidikan tinggi di Pacitan. Di harapkan dengan berkembangnya perguruan tinggi maka akan dapat meningkatakan kwalitas tenaga kerja yang dimiliki kabupaten Pacitan. Aset tersebut merupakan sarana dan prasarana yang penting bagi penyediaan SDM terdidik di Kabupaten Pacitan.

Kota yang baik adalah kota yang mampu memberikan ruang publik dan sarana rekreasi bagai warganya. Pasar Minulyo sebagai Pasar Tradisional juga merupakan salah satu elemen penting di Kabupaten Pacitan. Keberadaan pasar-pasar tradisional seolah membuat rasa guyub dalam persaudaraan masyrakat jawa semakin hidup dan terjaga. Di Pasar minulyo Pacitan bila malam hari di Jadikan sebgai hiburan masyrakat Pacitan dan kuliner malam.

Infrastruktur
Dalam mendukung denyut kehidupan perekonomian Kabupaten Pacitan menyediakan sarana dan Prasarana yang terus di kembangkan. Sebagai penyokong arus transportasi di masyarakatnya, Pemerintah kabupaten Pacitan telah menyediakan terminal Bus yang melayani jalur antar kota dan Provinsi. Selain itu pelabuhan kapal Tangkap ikan juga telah di siapkan untuk mendorong semakin berkembangnya industri kelautan. Jalur Alternatif Jawa juga sudah di bangun untuk menghubungkan Kabupaten Trenggalek. Sarana Akomodasi juga telah di galangkan, hotel dan penginapan terus di arahkan guna menjadikan Pacitan sebgai daerah Tujuan Wisata yang lengkap. Gelanggang Olahraga dengan Skala nasional juga sudah di bangun di Kabupaten Pacitan yang mampu memfasilitasi seluruh kegiatan olaharaga bagi masyrakat Pacitan dan sekitarnya. Yang tidak kalah membagakan adalah di bangunya PLTU di Kecamatan Sudimoro berdaya 2 X 315 Mega Watt yang di perkirakan mampu membantu suplay kebutuhan listrik di pulau jawa dan Bali.

Related Posts

About The Author

Add Comment

WhatsApp chat Hubungi Kami